6 Feb 2018

Sejarah Awal Mula Android & Keunikan Nama Disetiap Versi

Artikel kali ini akan mengulas sejarah muncul dan perkembangan Android dari pertama didirikan sampai menjadi bessar ibarat kini ini dikutip dari banyak sekali sumber, siapa tau teman belum mengetahuinya disimak baik ya.. 😊

Android merupakan sistem operasi berbasis linux, dirancang untuk smartphone layar sentuh dan tablet. Android awal mulanya didirikan oleh perusahaan berjulukan Android, Inc. tempatnya di Palo Alto, California, pada Oktober tahun 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Miner seorang pendiri Wildfire Communications, Inc., Nick Sears seorang mantan VP T-Mobile, dan Chris White seorang kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV untuk menyebarkan sebuah "perangkat seluler bakir yang lebih sadar ihwal lokasi dan preferensi penggunanya". Tjuan awal dari perkembangan tersebut pada mulanya diperuntukkan bagi kamera digital, namun disadari bahwa pasar dari kamera digital tidak besar potensinya, dan pengembangan Android kemudian dialihkan pada pasar telepon bakir atau smartphone untuk menyaingi Symbian serta Windows Mobile (iPhone Apple pada ketika itu belum dirilis).

Dengan sumbangan finalsial dari google, namun tak usang semenjak itu Google kemudian membelinya senilai 50 juta dollar AS disertai sejumlah insentif. Pada pertengahan 2005, seluruh tim kecil Android Inc telah hijrah ke markas Google di Mountain View.
Google mengakuisisi perusahaan Android Inc. pada tanggal 17 Agustus 2005 dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang dimiliki oleh Google. Pendiri Android Inc. yaitu Rubin, Miner, serta White tetap bekerja pada perusahaan tersebut sehabis diakuisisi oleh Google. Di Google, tim yang dipimpin oleh Andy Rubin mulai untuk menyebarkan sebuah platform perangkat seluler dengan memakai kernel Linux.

Sistem Android secara resmi dirilis pada tahun 2007, kemudian dijual untuk umum pada tahun Oktober 2008

Sejak tahun 2008, Android mulai secara sedikit demi sedikit melaksanakan sejumlah pembaruan atau update untuk meningkatkan kinerja dari sistem operasi tersebut dengan menambahkan fitur baru, memperbaiki BUG pada versi android yang sebelumnya. Setiap versi yang dirilis dinamakan secara alfabetis dengan menurut nama sebuah kuliner pencuci mulut, ibarat cupcake, donut, dan sebagainya. Berikut nama-nama versi android :


Pre-commercial release (2007–2008)
Android Apple Pie : rilis November 2007
Android Banana Bread : 5 November 2007
Pada tanggal 5 November kemudian ditetapkan sebagai hari “ulang tahun”.

Commercial Release Version
Android 1.5 Cupcake : 30 April 2009
Cupcake yaitu versi android pertama yang memakai nama dari sebuah makanan. kuliner ringan elok ini berbentuk kecil dan dipanggang dalam cetakan berbentuk cup

Android 1.6 Donut : 15 September 2009
pada versi ini telah diperbaiki beberapa kesalahan reboot, perubahan pada fitur foto dan video serta integrasi pencarian yang lebih baik. Donut merupakan kuliner yang berbentuk cincin.

Android 2.0/2.1 Eclair : 26 Oktober 2009
Eclair merupakan kuliner epilog yang berupa kuliner ringan elok berbentuk persegi panjang dan ada krim di tengah serta lapisan cokelat di atasnya.

Android 2.2 Froyo : 20 Mei 2010
Froyo merupakan kuliner epilog yang berasal dari sebuah nama brand produk yang terbuat dari yoghurt. Froyo yaitu yoghurt yang cuek sehingga ibarat es krim. Froyo merupakan kependekan dari Frozen yoghurt.

Android 2.3 Gingerbread : 6 December 2010
Gingerbeard merupakan homogen kuliner ringan elok kering yang mempunyai rasa jahe. Gingerbread biasanya dibuat pada ketika perayaan libur final tahun di benua Amerika.

Android 3.0 Honeycomb : 22 February 2011
Honeycomb merupakan sereal sarapan elok yang sudah pernah dibuat tahun 1965 oleh Posting Sereal. Honeycomb atau sarang lebah, sereal ini terbuat dari beberapa bagian jagung yang kemudian dibuat ibarat sarang lebah dengan rasa madu.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich : 19 Oktober 2001
Ice cream sandwich merupakan lapisan es krim yang biasanya terdapat rasa vanila terjepit di antara dua kuliner ringan elok cokelat, berbentuk persegi panjang.

Android 4.1 Jelly Bean : 9 Juli 2012
Jelly bean yaitu nama homogen permen dalam beraneka macam rasa buah-buahan. Ukurannya ibarat kacang merah. Permen ini keras di luar namun lunak di dalam dan lengket apabila digigit.

Android 4.4 KitKat : 31 Oktober 2013
KitKat merupakan brand cokelat yang dikeluarkan oleh Nestle.

Android 5.0 Lollipop : tanggal 15 Oktober 2014
Lollipop merupakan sebuah permen elok dalam stickt yang biasanya berbentuk lingkaran atau bulat.

Android 6.0 Marshmallow : 17 Agustus 2015
Marshmallow atau manisan kenyal yaitu kuliner ringan bertekstur ibarat busa yang lembut dalam banyak sekali bentuk, aroma dan warna.

Nah itulah versi-versi Android dari pertama versi beta - sampai kini paling up todate, Disetiap versi tentu saja mempunyai kelebihan dan banyak sekali macam perbaikan dari versi sebelumnya, apakah teman disini sudah mencoba sistem operasi paling gres dari Android 6.0 Marshmallow ?

Untuk beberapa perangkat siap-siap saja untuk mendapat update (OTA) dan rasakan kejutan yg diberikan Androidb 6.0 Marshmallow

Ada satu pertanyaan kira-kira versi Android selanjutnya akan diberi nama apa ya? Awalan ( N )

No comments:

Post a Comment